(day 1)Malaysia, November ’16

Perjalanan yang baru pun saya mulai. Tujuan kali ini adalah negeri tetangga lainnya, yakni Malaysia. Malaysia merupakan salah satu negara yang termasuk ke dalam negara ASEAN. Tanggal 4 November 2016 kami berangkat dari Soekarno-Hatta International Airport dengan maskapai Malaysia Airlines. Bertepatan di hari ini, Jakarta sedang ramai dengan issue demo besar-besaran untuk aksi damai. Mungkin perjalanan kami kali ini sudah diatur oleh-Nya. Perbedaan waktu di Malaysia selang satu jam lebih cepat seperti di Singapura.

Sesampainya di Kuala Lumpur International Airport (KLIA), durasi menunggu imigrasinya lumayan lama. KLIA ini interior dan rancangannya sudah mirip dengan Changi Airport. Setelah melewati imigrasi, kami dijemput oleh Mr. Vela, pemandu kami selama di sini (ya, kali ini kami menggunakan jasa pemandu). Dengan Bas Pasiaran(re: bis pariwisata) kami diantar ke Hotel Soleil tempat kami menginap di daerah Bukit Bintang. Dari bandara ke kota jaraknya cukup jauh, kalau kata Mr. Vela its about 40 km. FYI, Mr. Vella is a Hindu(sebutan untuk orang India). Orangnya ramah dan Bahasa Indonesianya lumayan fasih, meskipun masih sering menggunakan istilah dalam  Melayu.

Kami di-drop di hotel karena hari ini tidak ada program dari tour. Kemudian kami menyusuri daerah Bukit Bintang dan sekitarnya. Sepanjang jalan, para pegawai salon yang beredar didaerah dekat hotel dengan gencarnya menawarkan massage pada kami dan orang-orang yang sedang lewat juga. Agak risih, sih. Kami mencari makan di Pavillion, masih di daerah Bukit Bintang.

Setelahnya, kami menyusuri Kuala Lumpur dengan menggunakan GO Kuala Lumpur atau yang biasa disebut dengan GO KL. GO KL ini akan mengantarkan kita mengelilingi Kuala Lumpur secara percuma alias gratis. Yang harus diperhatikan adalah rute tempat yang ingin kita tuju. GO KL memiliki tiga rute yang berbeda, yakni purple line, green line, dan blue line. Karena tujuan kami berikutnya adalah KLCC, maka kami menaiki GO KL dengan rute blue line. Nah, di setiap GO KL juga menyediakan fasilitas free wi-fi sehingga fakir wi-fi seperti kami menjadi lebih mudah untuk mengakses internet. Dengan GO KL ini, kami diajak pusing-pusing (re: muter-muter) dan sudah dua kali keliling tapi tidak sampai tujuan kami. Ternyata, kami salah rute. Rute untuk menuju KLCC adalah green line. Dan waktu itu jalanan sedang macet parah. Sehingga kami terjebak di GO KL dan memakan waktu cukup lama di sana. Akhirnya, kami turun di halte Dang Wangi dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Monorail. Monorail ini juga stasiunnya cukup membingungkan apalagi ketika akan transit. Bagi yang tidak memiliki kartu commuter, kita bisa menggunakan jasa Monorail dengan membeli koin sekali jalan.

img_8945Tetep hits…

Dan sampailah kami di KLCC, mengunjungi landmark negara Malaysia yang terkenal, Twin Tower. Birunya langit malam menemani kami yang sedang menikmati pemandangan di sekitar Twin Tower. The view that day was really beautiful… Tak luput kami mengabadikan momen di depan landmark itu. Tapi, karena gelap dan ada cahaya dari belakang, foto kami jadi seperti foto editan amatir photoshop hahahahaha….

img_8973Indah bukan?

Dan pengalaman yang lebih seru di Malaysia akan berlanjut di hari berikutnya!