(day 3)Perjalanan di Singapura, Agt’16

Perjalanan kami di hari ketiga, rencananya akan mengunjungi Gardens by The Bay, kawasan pertamanan terbesar di Singapura. Awalnya, I wasn’t that excited, biasa aja. Di hari ini, kami mulai berpergian dengan menggunakan bis. Setelah sarapan di Plaza Singapura, kami berjalan-jalan menyusuri sekitar. Kami berhenti di halte Raffles Hotel di jalan Bras Basah.

Di sekitar jalan Bras Basah, terdapat banyak sekolah tinggi juga museum nasional. Singapore Art Museum atau biasa disebut SAM yang menjadi tujuan saya besok juga berlokasi di sini. Jalan Bras Basah entah kenapa menjadi kawasan yang paling saya suka dari sekian banyak jalan dan kawasan yang ada di Singapura. Mungkin karena kawasan ini merupakan pusat seni dan institusi yang membuat suasananya menjadi bersahabat dengan saya, entah.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju ke stasiun Bayfront. Sejujurnya saya sudah lupa rute menuju Gardens by The Bay ini, tapi bisa silahkan cari di google. Nah, ini pertama kalinya juga saya ke Gardens by The Bay. Disini, terbagi atas tiga kawasan yakni Central Garden, East Garden, dan South Garden. Tujuan kami adalah South Garden yang merupakan kawasan Konservatori, Supertree Groove, dan tiga lainnya. Karena kawasan Gardens by The Bay ini sangat besar, kami menggunakan shuttle untuk mencapai kawasan Konservatori.

Diantara dua pilihan Flower Dome; menampilkan berbagai macam koleksi bunga dari berbagai daerah di dunia khususnya wilayah Mediterania, dan Cloud Forest; air mancur indoor tertinggi di dunia, kami memilih untuk mengunjungi Flower Dome. Satu orang dewasa dikenakan biaya 16 SGD. Sebenarnya ada paket tiket untuk ke dua wahana itu, tapi dikarenakan budget, jadi, ya…

Sewaktu memasuki kawasan Flower Dome, speechless. Hanya senyum lebar terpancarkan dari wajah saya dan kamera di tangan yang sudah siap untuk mengabadikan keindahan bunga-bunga yang di-display waktu itu. Saya tidak akan menulis banyak disini. Biarkan foto-foto saya saja yang menjelaskan betapa indahnya tempat ini.

img_7232Gerbang menuju Wonderland. Salah satu yang menjadi favorit saya

Oiya, informasi yang saya ketahui baru-baru ini, ternyata display koleksi bunga selalu diganti setiap musim. Sebenarnya saya masih ingin berlama-lama di Flower Dome tapi perjalanan harus berlanjut. Setelah ini kami mengunjungi Supertree Groove OCBC Skyway, jembatan tertinggi yang terhubung dengan pohon-pohon buatan yang super besar dan tinggi.

Sewaktu disini, si adek mengincar bule Eropa! Memang itu anak diem-diem taunya matanya nangkep aja sama yang begituan. Sayangnya, kami naiknya tidak berbarengan dengan rombongan keluarga  bule itu, hahaha.

Meskipun saya bukan termasuk orang yang takut ketinggian, tetapi suasana di atas benar-benar, anginnya berhembus sangat kencang dan sewaktu melihat ke bawah ada perasaan ngeri yang terbesit. Tapi, itu hanya sementara saja. Si adek malah sibuk mengikuti bule tadi dan curi-curi foto bareng gituh. Modus. Untuk menaiki wahana ini, kita harus mengeluarkan biaya sebesar 5 SGD per orangnya.

Turunnya, kami bareng sama rombongan bule tadi tanpa si bule inceran adek karena ternyata dia sudah turun duluan. Satu lift dan berdempetan dengan mereka, saya berasa kerdil. Tingginya ampun. Si papa sih sudah turun duluan karena kecapekan.

After that, kami melanjutkan perjalanan lagi ke Orchard bagian belakang. Kami menyusuri daerah peranakan kalo kata papa. Rumah disini terlihat berbeda dengan yang ada di tempat-tempat lain di Singapura karena bangunanya yang terbilang cukup tua dan masih asli. Ada juga sekolah internasional disini. Saya suka dengan arsitektur rumah-rumah di kawasan peranakan ini, terlihat vintage.

img_7406img_7402img_7408

Nah, kalau belum ke Mustafa dua kali itu belum afdol buat papa. Setelah dari kawasan peranakan, kami pergi ke Mustafa Centre lagi, melengkapi kebutuhan papa yang kurang. Di depan gedung, ada satu objek yang menangkap perhatian saya.

img_7411Malam di Little India.

Dan ini menjadi kali terakhir kami mengunjungi kawasan India di Singapura dalam perjalanan ini.

img_7413Wajah yang akan paling saya rindukan setelah pulang.